biopori1Setelah peralatan dari Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia (PPEJ KLH RI) sudah komplit datang termasuk papan nama, penutup biopori, dan karung yang terakhir kali datang. Para pemerhati lingkungan yang tergabung dalam Bank Sampah Kembangsari telah membuat biopori percontohan di sekitar Kantor Bank Sampah Kembangsari, sudah lebih 20 biopori telah dibuat meskipun banyak yang tidak ditutup dengan penutupnya karena penutup belum juga datang kini telah ada dan beberapa telah ditutupnya.

Apasih biopori? Sebenarnya biopori adalah hal yang sederhana sebagai alternatif solusi menjaga lingkungan terutama tentang air dan sampah. Yakni sebuah lubang yang fungsinya untuk resapan air dan sekaligus untuk membuang sampah organik yang ngiras pantes membuat kompos dalam skala yang kecil. Lubang itu kurang lebih 1 m dengan diameter 10-15 cm di dalam tanah. Nah… oleh Pak Kamir dari IPB Bogor dibuatkan sebuah alat sebagai pelubang yang dinamakan Pelubang Biopori dan Biopori nya disebut Lubang Resapan Biopori (LRB).

Air hujan, jika hanya turun ke tanah mengalir ke sungai lalu masuk laut itu sangat disayangkan bahkan malah bisa jadi bencana kalo air tidak terserap bahkan meluap menjadi banjir akibat dari berbagai macam masalah lingkungan. Laut pun tidak memerlukan air, yang memerlukan air itu kita oleh karena itu akan jauh lebih bermanfaat jika air hujan bisa meresah ke tanah dan dapat jadi mata air yang kita manfaatkan. Selain itu dapat membuang sampah organik ke dalamnya dan jika telah penuh dan menjadi kompos dapat diambil dan dimanfaatkan untuk menanam tanaman di pot atau di media lain sekaligus sebagai perawatan biopori yang ada.

Salah satu alternatif adalah membuat biopori di sekitar kita. Biopori sangat tepat dibuat di daerah perkotaan dan perumahan yang lahan sudah sempit dan hampir tertutup beton. Meskipun kami di desa belum terasa ekses dari sampah namun yang lebih penting adalah edukasi kepada masyarakat dan pada anak-anak kita.

Pelubang Biopori

Photo0068

biopori1

CIMG1368

Iklan