Awal puasa bulan suci ramadhan 1431 akan jatuh pada Tanggal 1 Ramadhan 1431 H. Muhammadiyah dan ormas yang menggunakan metode Wujud Hilal, sudah menetapkan pada Rabo legi, tanggal 11 Agustus 2010. Sementara kriteria Rukyah masih menunggu hasil observasi pada tanggal 10 Agustus 2010 petang. Pemerintah dengan kriteria MABIMSnya, insya Alloh akan menetapkan 1 Ramadhan 1431 H = 11 Agustus 2010 M. Wa Alloh a’lam.

Menyambut tibanya bulan yang kita nanti-nanti, berikut saya siapkan Jadwal Puasa dan Sholat untuk satu bulan penuh.

Jadwal ini sengaja saya buat menggunakan model masukan data, karena khusus untuk pelaksanaan ibadah puasa, akan ada hubungan tak terpisahkan dengan ibadah sholat shubuh.

Awal Waktu Shubuh dimulai saat Waktu Sahur diakhiri. Nah, karena Awal Waktu Shubuh kini sedang dikreksi, meski hasil menunggu hasil observasi resmi dari team yang akan dibentuk Kemenag (entah kapan…?); maka pada jadwal saya tambahkan satu input yakni Sudut Waktu Shubuh.

Perbedaan satu derajat, akan menyebabkan perbedaan waktu shubuh sebesar 4 menit (rerata).

Tiga baris untuk diisi, masing-masing Tahun (untuk sekarang isikan : 1431), lalu Kota (misalnya : Surakarta), dan sudut shubuh (misal 18, sudut versi Kemenag, disamping 20).

Untuk tabel Kota ada di sheet MARKAS, silahkan dicek atau ditambahkan bila belum ada.

Cara Mengisi JadwalCara Mengisi Jadwal

Setelah data siap, maka sebagian hasil print preview sebagai berikut:

Sampel Tampilan Jadwal PuasaSampel Tampilan Jadwal Puasa

Bagi yang berminat, silahkan unduh/ambil/download di link berikut ini….

Download Jadwal ImsakiyahDownload Jadwal Puasa

Selamat menjalan ibadah Ramadhan 1431 H….

Iklan