Perhatikan limas atau pyramid segi empat beraturan, kalau segi empat beraturan yang berupa alas limas itu secara bertahap diubah menjadi segi-n beraturan dan diteruskan hinga n menjadi sangat besar, maka limas itu “berubah” menjadi kerucut. Jadi titik sudut puncak limas menjadi titik sudut puncak kerucut, (ini hanya untuk guru). Jadi sebenarnya kerucut tidak mempunyai titik sudut, hanya saja disebut titik  puncak . dan untuk mudahnya (SD) dikatakan tidak punya titik sudut.

http://achmadagussutrisno.blogspot.com/2009/01/apakah-kerucut-mempunyai-sudut.html

Our 4th grade math textbook defines a cone as “A solid figure with
one circular face and one vertex.” This sounds reasonable until you
read the textbook’s definitions for face, edge, and vertex. The
textbook defines a face as “A flat surface of a solid.” It defines an
edge as “A line segment where two faces of a solid meet.” It defines a
vertex as “A point where two or more edges meet.”

Assuming that these definitions are accurate and that I’m not
misinterpreting them, a cone must not have a vertex. If a cone has
only one face, then it can’t possibly have an edge. Therefore, if it
doesn’t have an edge, it can’t have a vertex.

http://mathforum.org/library/drmath/view/54681.html

Jika mau download makalah dari P4TK Matematika di sini

Iklan